Sukses

Meksiko Punya Museum Holocaust

Museum Holocaust menampilkan kekejaman dan perampasan hak suatu kaum. Museum ini mengingatkan bahwa diskriminasi terhadap orang-orang pribumi atau orang lain tidak bisa dibiarkan.

Liputan6.com, Mexico City: Sebuah museum yang menampilkan holocaust dibuka di Mexico City, Meksiko, Senin (12/10). Holocaust adalah tindakan kejam yang dilakukan oleh pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler atau disebut pula genosida sistematis terhadap berbagai kelompok etnis, keagamaan, bangsa, dan sekuler saat kecamuk Perang Dunia II.

Presiden Meksiko Felipe Calderon yang hadir dalam acara pembukaan museum tersebut mengatakan, diskriminasi terhadap pribumi atau suatu kaum tidak bisa dibiarkan. Menurut Presiden Calderon, saling menghargai perbedaan etnis itulah yang sangat penting.

Sebuah organisasi lokal membangun museum dengan menggunakan sumbangan yang dikumpulkan selama lebih dari 10 tahun. Museum tersebut memiliki lima lantai, dipenuhi dengan foto-foto Adolf Hitler yang sedang memberikan pidato pada saat itu. Selain itu, koleksi museum tersebut menampilkan perwira militer Nazi dan Yahudi ditahan di kamp konsentrasi Auschwitz di bagian selatan Polandia

Meskipun berbeda tema, museum itu juga memajang materi genosida yang menyebabkan lebih dari 800 ribu orang menjadi korban pada konflik di Rwanda, pada 1994 silam. Konflik tersebut terjadi antara suku Hutu dan kaum minoritas Tutsi. Serta, pembantaian terhadap 200 ribu orang di Guatemala, saat perang saudara yang berlangsung hampir 40 tahun perang.(ANS/JST)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini