Sukses

Empat Tentara Italia Tewas

Empat tentara NATO Italia tewas dalam serangan pemberontak di Afghanistan barat.

Liputan6.com, Kabul: Empat tentara NATO Italia tewas dalam serangan pemberontak di Afghanistan barat. Demikian disampaikan pemerintah setempat, Sabtu (9/10).

Juru bicara perwakilan tentara Italia mengatakan bahwa tentara yang tewas dan tentara yang mengalami luka-luka dalam serangan itu terjadi di Lembah Gulistan di provinsi Farah barat dikarenakan mereka kembali dari misi.

Perdana Menteri Silvio Berlusconi mengatakan, ia mendengar berita dan langsung menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam. "Kami berterima kasih kepada semua prajurit Italia di berbagai misi di seluruh dunia dan memungkinkan negara kita untuk menjaga komitmen internasional dalam mendukung perdamaian dan menentang segala bentuk terorisme," katanya.

Jumlah tentara Italia yang tewas di Afghanistan dalam enam tahun terakhir ini mencapai 34 orang, 21 di antaranya telah kehilangan nyawa mereka dalam dua tahun terakhir.Italia memiliki sekitar 3.400 tentara di Afghanistan, dengan rencana penambahan menjadi 4.000 tentara pada akhir tahun.

Para tentara yang tewas pada Sabtu lalu adalah anggota pasukan elit Gunung Alpini, direkrut secara tradisional antar daerah dataran tinggi di Italia tengah dan utara. Dalam sebulan ini, 24 tentara NATO telah tewas di Afghanistan. Dan lebih dari 2.000 anggota NATO telah tewas sejak awal perang pada tahun 2001 silam. (BBC/JAY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.