Sukses

Cina Peringatkan Panitia Nobel

Pemerintah Cina memperingatkan Ketua Institut Nobel Perdamaian Geir Lundestad terkait rencana pemberian penghargaan kepada aktivis prodemokrasi Cina Liu Xiaobo.

Liputan6.com, Beijing: Pemerintah Cina mengeluarkan peringatan keras kepada Ketua Institut Nobel Perdamaian Geir Lundestad terkait rencana pemberian penghargaan kepada aktivis prodemokrasi Cina Liu Xiaobo. Demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Jiang Yu di Beijing, Cina,  Rabu (29/9).

Yu mengatakan, Liu dianggap sebagai pembangkang yang merongrong kewibawaan pemerintah. Aktivis prodemokrasi itu ditahan sejak 2008 lalu, karena merilis manifesto politik di internet. Ia menuntut demokratisasi Cina dan mengakhiri dominasi Partai Komunis.

"Usulan Liu masuk nominasi penerima Nobel Perdamaian mengancam hubungan Cina-Norwegia" kata Yu.

Sementara itu  Lundestad menegaskan bahwa ia tidak gentar atas tekanan tersebut. Dikatakannya, Komite Nobel Norwegia merupakan lembaga independen dan proses seleksi tidak akan bisa dipengaruhi pihak mana pun.(NHK/ADI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.