Sukses

Lagi, ETA Deklarasikan Gencatan Senjata

Liputan6.com, Madrid: Dalam sebuah video yang dirilis BBC, Kelompok separatis bersenjata Basque, ETA, mendeklarasikan gencatan senjata kendati tidak jelas apakah gencatan senjata ini permanen atau sementara. Selama ini, mereka melakukan aksi-aksi bersenjata itu dalam upaya memperoleh kemerdekaan bagi wilayah Basque, Spanyol.

Kelompok ini mengatakan akan melakukan upaya-upaya demokratis untuk memisahkan diri dari negara Spanyol. Pemerintah Spanyol sendiri mengatakan hanya mau bernegosiasi jika ETA berhenti melakukan kekerasan.

Kampanye kekerasan yang dilakukan gerilyawan ETA telah menewaskan lebih dari 820 orang dalam 40 tahun terakhir. Sebelumnya ETA telah dua kali mendeklarasikan gencatan senjata dan melanggar keduanya.

Kabarnya, video ini muncul karena ETA sedang berada dalam tekanan setelah sejumlah pemimpin utama mereka ditangkap. Hingga kini belum ada reaksi dari pemerintah Spanyol. (BBC/CHR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini