Sukses

Meksiko Bekuk Gembong Narkotika

Kepolisian Mexico berhasil menangkap gembong pengedar narkoba, Edgar "La Barbie" Valdez, Senin (30/8) waktu setempat.

Liputan6.com, Mexico City: Kepolisian Mexico berhasil menangkap gembong pengedar narkoba, Edgar "La Barbie" Valdez, Senin (30/8) waktu setempat.

Polisi Federal menangkap Valdez, pemimpin sebuah geng yang bermarkas di Mexico Tengah, di sebuah rumah di daerah permukiman di pinggiran Morelos, dekat Mexico City. Seorang polisi menginformasikan, Valdez melakukan sedikit perlawanan pada saat penangkapan.

Kejaksaan Agung Mexico menegaskan, pria kelahiran Amerika Serikat yang dijuluki "La Barbie" karena kulitnya yang putih dan matanya yang biru itu ditangkap setelah terbunuhnya seorang bos pengedar narkoba, Ignacio "Nacho" Corocel, oleh tentara Mexico, Juli silam.

Penangkapan Valdez dapat dinilai sebagai kemenangan besar bagi Calderon karena Valdez dapat dideportasi ke Amerika Serikat dan Calderon berhak atas dua juta dolar AS sebagai hadiah buat orang yang menangkap Valdez.

Calderon berjuang melawan ketakutan yang semakin merajalela di Mexico akibat kegiatan para bandar narkotika. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pertempuran antargeng yang telah mengakibatkan lebih dari 28.000 warga tewas.(ANT/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.