Sukses

Pertama Kali, Pria Aborigin Masuk Parlemen

Pertama kali dalam sejarah, pria keturunan suku Aborigin Ken Wyatt terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Australia dalam kurun waktu 50 tahun.

Liputan6.com, Sydney: Pertama kali dalam sejarah, pria keturunan suku Aborigin Ken Wyatt terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Australia. Demikian hasil perhitungan akhir Panitia Pemilu Australia di Sydney, Ahad (29/8) waktu setempat.

Hasil pemilu menyebutkan, Wyatt yang berasal dari Partai Liberal yang berhaluan kanan tengah berhasil memperoleh seribu suara di daerah Hasluck, Australia Barat. Hasil tersebut hanya terpaut sedikit dibandingkan pesaingnya yang berasal dari Partai Buruh.  "Ini adalah waktu bersejarah selama 50 tahun yang menjadi alasan masyarakat Hasluck memilih suku asli," kata Wyatt.

Sementara, hasil penghitungan akhir resmi Pemilu Australia tak menghasilkan pemenang mutlak yang meraih 76 kursi di parlemen. Karena, pemenang mayoritas memiliki keistimewaan membentuk pemerintahan baru [baca: Pemilu Australia Tidak Menghasilkan Pemenang Mayoritas]. (BBC/AFP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini