Sukses

Ledakan Hancurkan Pabrik Petasan

Ledakan menghancurkan pabrik petasan di Yichun, Cina. Akibatnya, 19 orang tewas, 153 orang terluka, dan lima lainnya hilang.

Liputan6.com, Yichun: Ledakan menghancurkan pabrik petasan di Yichun, Cina, Senin (16/8). Akibatnya, 19 orang tewas, 153 orang terluka, dan lima lainnya hilang, serta sekitar dua ribu warga sipil diungsikan.

Ledakan juga memicu kebakaran. Bahkan, api menjalar ke pabrik sumpit di dekatnya dan 23 lokasi lain sejauh radius 309 meter. Pagar besi sepanjang 100 meter dari pabrik juga rusak akibat ledakan itu.

"Getaran akibat ledakan terasa sampai lima kilometer," tutur seorang warga.

Lebih dari 1.700 tim penyelamat dan 62 truk pemadam kebakaran dikirim untuk menjinakkan kobaran api, serta menyelamatkan korban dalam kebakaran. Empat puluh ahli medis dikerahkan.

"Sangat berbahaya memadamkan api di tengah kebakaran besar di pabrik. Beberapa bahan peledak mungkin saja dapat meledak saat terkena air," kata Ming Huashan, Deputi Direktur Administrasi Negara Keselamatan Kerja di kota itu.

Sampai saat ini, penyebab kebakaran masih belum diketahui. "kami telah menginstruksikan untuk segera melakukan inspeksi langsung ke lokasi kejadian. Setiap pabrik yang gagal dalam memenuhi standar keselamatan akan dihentikan usahanya untu sementara waktu untuk perbaikan atau ditutup," kata Biro Keselamatan Kerja Propinsi Hei Long nJiang.(Xinhua/DES/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini