Sukses

Bintang Hip-hop Maju Sebagai Kandidat Presiden

Penyanyi hip-hop kelahiran Haiti, Wyclef Jean, mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden dalam pemilu yang akan digelar November nanti di negara yang beberapa bulan lalu diguncang gempa bumi dahsyat ini.

Liputan6.com, Port-au-Prince:  Bintang hip-hop dunia kelahiran Haiti, Wyclef Jean, telah mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden dalam pemilu Haiti yang dijadwalkan digelar November ini. Wyclef Jean merupakan salah satu personil band hip-hop AS yang menjulang pada dekade pertengahan tahun 1990-an, The Fugees. Berita ini dibenarkan oleh Daniel Jean Jacques, pemimpin partai Viv Ansanm, di Haiti. "Wyclef (Jean) mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden dari partai saya," kata Jacques.

Wyclef Jean sendiri terbang ke negara yang beberapa bulan lalu diguncang gempa bumi ini bersama keluarganya menggunakan pesawat jet pribadi, Kamis (5/8) kemarin. Kedatangannya ini untuk mendaftarkan diri secara resmi ke komisi pemilu Haiti. Pemenang tiga kali penghargaan Grammy Awards ini akan bersaing dengan sejumlah politikus kawakan, termasuk mantan perdana menteri Haiti Jacques-Edouard Alexis.

Ini merupakan sebuah momen penting dalam sejarah," kata Jean kepada Associated Press ketika dia sedang menyerahkan berkas-berkasnya di kantor komisi pemilu di Port-au-Prince. "Ini benar-benar emosional. Amerika Serikat punya Barack Obama dan sekarang Haiti punya Wyclef Jean," teriaknya kepada kerumunan pendukungnya yang turut menyaksikan pencalonan dirinya secara langsung.

Jean tidak memiliki pengalaman politik namun penyanyi hip-hop ini dikagumi rakyat Haiti karena tidak pernah melupakan akar historisnya. Jean juga memegang peran penting dalam membantu mengumpulkan dana bagi Haiti lewat badan amalnya, The Yele Foundation.

Gempa terbesar yang pernah terjadi di Haiti tersebut merenggut sekitar 300 ribu jiwa, menghancurkan ribuan gedung, dan hingga kini membuat sekitar 1,5 juta orang di Haiti kehilangan rumah dan menjadi pengungsi di tenda-tenda darurat. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.