Sukses

Shinkansen, Kereta Super Cepat

Jepang sudah sejak lama memiliki kereta super cepat yang bisa menyaingi waktu tempuh pesawat. Bahkan kereta ini datang lebih cepat dari waktu yang terjadwal.

Liputan6.com, Tokyo: Jepang sudah lama memiliki kereta api super cepat. Namanya Shinkansen. Kereta peluru itu beroperasi melayani masyarakat Jepang yang utamanya hendak bepergian ke luar kota.

Tiket kereta super cepat ini bisa dibeli dengan mudah di mesin penjual tiket otomatis. Prosesnya hanya butuh waktu dua sampai tiga menit. Harga tiketnya relatif mahal. Dari Osaka ke Tokyo, misalnya, harga tiketnya berkisar sepuluh ribu yen atau sekitar satu juta rupiah. Namun harga ini sepadan dengan fasilitas yang diberikan.
 
Kabin yang nyaman serta tempat duduk yang luas hingga kita leluasa bergerak. Belum lagi pelayanan yang ramah dari awak kereta. Meski melaju hingga tiga ratus kilometer per jam, namun guncangannya hampir tidak terasa.

Soal ketepatan waktu jangan ditanya. Japan Railway Center atau pusat kereta api Jepang melaporkan rata-rata Shinkansen akan datang tepat 0,1 menit atau 6 detik lebih cepat dari waktu yang telah dijadwalkan. Indonesia sebetulnya telah punya rencana pada 2025 untuk memiliki kereta cepat model Shinkansen. Pulau Jawa jadi tempat percobaan awal.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini