Sukses

Mengintip Akuarium Kaiyukan Osaka

Jika berkunjung ke Osaka, Jepang, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Akuarium Kaiyukan. Koleksi ikan dan hewan laut di sini lebih lengkap dari tempat lain.

Liputan6.com, Osaka: Akuarium Kaiyukan terletak Kaigan Dori, Pelabuhan Tempozan, Osaka Bay, atau berjarak lima menit dari stasiun Osakako. Sekilas, Akuarium Kaiyukan mirip dengan salah satu akuarium di Tempat Rekreasi Ancol, Jakarta Utara, yang mempertontonkan koleksi ikan dan aneka hewan laut dari berbagai tempat di dunia.

Kaiyukan memiliki koleksi lebih dari 30 ribu spesimen, yang terdiri dari 580 spesies binatang air, di antaranya ikan, mamalia, dan ubur-ubur. Juga terdapat seribu spesimen yang terdiri dari 110 tumbuhan laut.

Seluruh koleksi itu berasal dari laut Antartika hingga Pasifik, perairan tropis hingga daerah kutub. Seluruh koleksinya itu terbagi dalam 15 akuarium dan diisi dengan total 11 ribu ton air.

Di hari libur, akuarium sembilan lantai tersebut dibanjiri pengunjung, yang didominasi anak-anak dan keluarga. Karena jumlah koleksinya, Kaiyukan pun disebut-sebut sebagai akuarium terbesar dan terlengkap di dunia.

Untuk dapat melihat koleksi lengkap Kaiyukan, kita harus merogoh kocek 2 ribu Yen atau Rp 200 ribu untuk satu orang dewasa, 900 yen atau Rp 90 ribu rupiah untuk pelajar, dan 400 Yen atau Rp 40 ribu rupiah untuk anak-anak. Tak perlu khawatir jika tak bisa berbahasa Jepang, Kaiyukan menyediakan buku petunjuk dalam berbagai bahasa, meski tidak ada yang berbahasa Indonesia.(MRQ/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini