Sukses

PBB Rayakan Ulang Tahun Nelson Mandela

Perserikatan Bangsa-Bangsa turut merayakan hari ulang tahun mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, dengan menetapkan 18 Juli sebagai Hari Internasional.

Liputan6.com, Johannesberg: Perserikatan Bangsa-Bangsa memuji sumbangsih mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, yang telah mempromosikan rekonsiliasi rasial dan perdamaian. Karena itu, PBB memutuskan untuk menetapkan hari kelahiran Mandela yang jatuh setiap 18 Juli, sebagai Hari Internasional.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengatakan, Mandela telah mewujudkan nilai-nilai tinggi kemanusiaan. Selain itu, Ban Ki Moon juga menyerukan kepada dunia
untuk berterima kasih karena telah ditunjukkan jalan dan mengubah dunia. Mandela merupakan pemimpin perjuangan melawan apartheid di Afrika Selatan. Ia juga pernah di penjara selama 27 tahun. Setelah dibebaskan pada 1990, ia menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan.

Di hari ulang tahun Mandela yang ke 92 itu, sekitar 100 anak-anak mengunjungi rumah Mandela di Johannesburg, Afrika Selatan. Mereka menyanyikan lagu ulang tahun dan menyerahkan surat-surat. Sementara di seluruh dunia, pemutaran film, pameran foto, dan kegiatan lainnya digelar untuk menghormati prestasi Mandela.(NHK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini