Sukses

Badai Conson Hantam Cina, Dua Tewas

Badai Conson akhirnya mencapai Provinsi Hainan, Cina. Dua orang tewas, akibat terjangan badai tropis yang juga membuat jadwal penerbangan dibatalkan.

Liputan6.com, Hainan: Badai Conson akhirnya melanda Provinsi Hainan, Cina Selatan, Jumat (16/7) malam waktu setempat, dengan kekuatan angin 120 kilometer per jam. Dua orang tewas akibat tertimpa papan reklame yang jatuh. Otoritas setempat memperingatkan hujan deras yang dibawa badai Conson, akan memperparah bencana yang terjadi di Cina baru-baru ini.

Bencana yang terjadi sebelumnya telah menewaskan ratusan orang, dan menghancurkan lebih dari 100 ribu rumah. Sekitar 40 ribu lebih warga telah dievakuasi, sementara jadwal penerbangan dibatalkan sampai cuaca membaik. Badai Conson diperkirakan bergerak ke Teluk Tonkin dan menghantam Vietnam, Sabtu malam. Sebelumnya Badai Conson menerjang Filipina dan menewaskan 38 orang.

Sementara itu, pihak BMKG Bali, telah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi setinggi 4,5 meter di kawasan Indonesia Selatan, sebagai dampak Badai Conson [baca: BMKG: Waspada Badai Tropis Conson].

Selain badai Conson, gelombang panas kini melanda kawasan Eropa. Di Italia, suhu di beberapa kota seperti Roma dan Milan mencapai angka tertinggi 35 hingga 40 derajat Celcius. Sedangkan di Moskow, Rusia, warga mendatangi sumber-sumber air seperti, pancuran di tengah kota dan kawasan pantai untuk mendinginkan tubuh karena cuaca panas.

Gelombang panas juga memicu bencana kekeringan dan menghancurkan hampir 10 juta hektar lahan pertanian. Pemerintah Rusia mengumumkan keadaan darurat di 18 provinsi terkait kebakaran hutan seluas 26 ribu hektar. Di Bosnia, sebuah rumah sakit di Bijeljina, kebanjiran ratusan pasien setiap harinya karena mengeluh sakit akibat suhu panas.(IDS/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.