Sukses

Pelaku Bom Kembar Masjid adalah Kelompok Sunni

Kelompok Sunni mengaku bertanggung jawab atas serangan bom kembar yang menewaskan 27 orang di sebuah masjid Syiah di Iran kemarin.

Liputan6.com, Teheran: Kelompok Sunni mengaku bertanggung jawab atas serangan bom kembar yang menewaskan 27 orang di sebuah masjid Syiah di Iran kemarin [baca: Bom Kembar Tewaskan Puluhan Anggota Garda Revolusi]. Bom bunuh diri dilakukan kelompok Sunni untuk membalas dendam atas eksekusi pemimpinnya yang dihukum gantung.

Sementara Menteri Kesehatan Iran Marzieh Vahid Dastagerdi mengatakan, jumlah korban diperkirakan akan bertambah, dengan 270 orang luka-luka, termasuk 11 di antaranya dalam kondisi kritis.

Saat itu, pengikut Syiah tengah menghadiri upacara ulang tahun cucu Nabi Muhammad, Hussein, dan ledakan pertama menghantam pintu masuk masjid yang terletak di ibukota Provinsi Zahedan. "Pelaku bom bunuh diri itu adalah seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita," kata Anggota Parlemen lokal Hossein Ali Shahriari kepada kantor berita ISNA.

Tak lama setelah ledakan, sejumlah orang berdatangan untuk membantu. Namun sebuah ledakan kembali mengguncang di lokasi yang sama 20 menit kemudian. Ledakan kedua itulah yang menyebabkan banyak korban tewas dan cedera. Teknik ini sering digunakan oleh militan Sunni di Irak untuk memaksimalkan jumlah korban.(AP/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini