Sukses

Bom Bunuh Diri Targetkan Peziarah Syiah

Sebuah bom bunuh diri yang menargetkan peziarah Syiah, menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai 81 orang lainnya di Baghdad, Irak.

Liputan6.com, Baghdad: Sebuah bom bunuh diri pada Rabu (7/7), mengakibatkan lebih dari 50 orang tewas dan 81 lainnya luka-luka di barat laut Baghdad, Irak. Serangan tersebut nampaknya menargetkan para peziarah Syiah yang tengah berkumpul menuju distrik Kadhimiya, untuk memperingati orang suci yang dihormati.

Ketika itu, ratusan ribu peziarah Syiah berkumpul di Baghdad, untuk memperingati sebuah festival yang bertepatan dengan kematian seorang imam pada abad delapan. Kemudian, tiba-tiba saja serentetan serangan termasuk bom pinggir jalan dan serangan mortir menyerbu para peziarah. Padahal otoritas keamanan Irak telah memperketat keamanan dengan memobilisasi 200.000 polisi dan pasukan militer. Namun, pasukan keamanan itu tidak mampu menghentikan perlawanan di negara yang rawan tersebut.

Para pengamat mengatakan, serangan dimaksudkan agar mendorong masyarakat untuk menuntut pembentukan pemerintahan yang kuat sesegera mungkin.(NHK/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini