Sukses

Gempa 6,5 SR Guncang Meksiko

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang wilayah selatan Meksiko. Guncangan gempa juga sempat dirasakan oleh penduduk di Mexico City dan Acapulco.

Liputan6.com, Mexico City: Sebuah gempa berkekuatan cukup besar melanda wilayah selatan Meksiko, tepatnya di Negara Bagian Oaxaca pada Rabu (30/6) pukul 02.22 waktu setempat. Gempa sekuat 6,5 skala Richter ini berpusat sekitar 352 kilometer sebelah tenggara Mexico City. Demikian informasi yang dilaporkan Badan Survei Geologi dan Meteorologi Amerika Serikat (USGS).

Sementara, Badan Perlindungan Sipil Negara Oaxaca melaporkan tidak ada kerusakan atau korban jiwa akibat gempa itu. Guncangan gempa juga sempat dirasakan oleh penduduk di Mexico City dan Acapulco, sekitar 150 kilometer dari pusat gempa. Gempa bumi terjadi ketika banyak penduduk sedang tertidur pulas.

"Orang-orang berlarian keluar dari gedung dengan panik," kata Pedro Salazar, seorang penjaga keamanan di Mexico City, seperti dilansir Reuters.

Adapun di Oaxaca, juru bicara dari Departemen Pertahanan Sipil, Gilberto Lopez, mengatakan kepada Associated Press bahwa mereka sedang menilai situasi pascaguncangan gempa. Namun, mereka belum mendapatkan laporan tentang kerusakan atau cedera.

Menurut USGS, pusat gempa bumi pada kedalaman 10 kilometer itu berada di kawasan pegunungan di dekat pantai Pasifik Selatan. Meksiko berada di Sirkum Pasifik, di mana lempeng tektonik benua bertemu dan secara teratur terjadi guncangan oleh getaran.(ANS/BBC/CNN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini