Sukses

Teluk Meksiko Terancam Badai, Pencemaran akan Meluas

Badai tropis berubah menjadi angin topan dikhawatirkan akan menyerang Teluk Meksiko, sehingga pencemaran minyak dari sumur BP diperkirakan akan meluas.

Liputan6.com, Mexico City: Di Teluk Meksiko, badai tropis Alex telah menjadi angin topan yang menyebabkan masalah serius tentang penyebaran pencemaran minyak dari perusahaan minyak BP yang meledak di lepas pantai. US National Hurricane Center mengatakan pada pukul 10 pm waktu setempat, Selasa (29/6) bahwa badai itu telah mencapai kecepatan angin pada puncak 118 kilometer per jam, dan bergerak di 15 kilometer per jam. Badai ini diperkirakan terus menuju ke arah barat dan melintasi Teluk Meksiko.

Pemerintah AS telah menyatakan keadaan darurat di negara bagian Texas, karena takut bahwa badai tersebut dapat mencapai wilayah perbatasan AS-Meksiko pada Kamis (1/7) mendatang. Di Teluk Meksiko, tempat terjadinya pencemaran air karena tumpahan minyak, terdapat hingga 9,5 juta liter minyak mentah per hari yang terus keluar menyembur dari tempat pengilangan yang pecah.

Upaya darurat terus dilakukan untuk menghentikan semburan minyak, termasuk menyedot minyak dari dasar laut. Pekerja setempat mengatakan bahwa badai itu tidak akan membuat pukulan langsung pada area pembersihan, namun angin kencang bisa menyebarkan tumpahan minyak dan akan memperparah keadaan apabila angin berubah haluan menuju ke darat.(NHK/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini