Sukses

Bahaya Swine Flu Bayangi Piala Dunia

Netcare Travel Clinics mengingatkan akan bahaya penyebaran virus Swine Flu (H1N1) selama perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Setiap warga setempat dan pendatang diimbau untuk melakukan vaksinasi.

Liputan6.com, Johannesburg: Di tengah gemuruh perhelatan akbar Piala Dunia 2010, warga Afrika Selatan dibayangi-bayangi flu babi (Swine Flu). Peringatan ini akan bahaya penyakit yang bisa membahayakan nyawa ini dikeluarkan oleh Netcare Travel Clinics, Senin (28/6).

Dr Pete Vincent dari the Netcare Travel Clinics mengatakan, bahaya swine flu atau virus H1N1 tidak boleh dikesampingkan. Lebih dari 14 ribu 700 jiwa telah di seluruh dunia telah terserang virus ini.

"Virus H1N1 akan bisa menyerang Afrika Selatan kembali selama musim flu mendatang," katanya. "Jutaan orang akan datang ke Afrika Selatan selama musim Piala Dunia ini, karena itu kemungkinan penyebaran virus semakin besar,"

Lebih jauh Vincent mengatakan, pandemic swine flu memang sudah mencapai puncaknya pada musim gugur dan musim dingin di sejumlah negara bagian utara, tetapi masih banyak jatuh korban di negara-negara kawasan lain.

Karena itu ia mengingatkan akan penyebaran virus Swine Flu di Afrika Selatan selama ajang Piala Dunia di musim dingin ini.

Peringatan Vincent ini sejalan dengan langkah departemen kesehaan setempat yang akan melakukan vaksinasi secara luas, setelah Maret sebelumnya dilakukan vaksinasi pada sekitar satu juta orang.
 
"Semakin banyak orang yang divaksinasi maka akan semakin besar perlindungan terhadap warga dan para pendatang ke negara ini. Klinik-klinik dan apotek juga akan menambah pasokan vaksin." ujar Vincent. "Setiap orang yang akan bepergian sekarang atau nanti sebaiknya divaksinasi," tambahnya lagi. (News24.com/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini