Sukses

Julia Gillard Segera Umumkan Susunan Kabinet

Julia Gillard, Perdana Menteri Australia yang baru direncanakan akan mengumumkan posisi kabinet baru di bawah pemerintahannya.

Liputan6.com, Canberra: Perdana Menteri Australia yang baru, Julia Gillard, segera mengumumkan kabinet baru untuk Partai Buruh, dengan beberapa perubahan dalam peran yang diharapkan di bawah pemerintahannya. Keputusan untuk membentuk kabinet baru ini akan disampaikan secara langsung oleh Gillard. Demikian diungkapkan Wakil Perdana Menteri Wayne Swan, Senin (28/6).

Seperti dilansir Australia Associated Press, telah ada spekulasi media bahwa mantan Perdana Menteri Kevin Rudd ditawarkan sebuah posisi dalam kabinet. Ada kemungkinan Rudd akan menjabat sebagai menteri luar negeri. "Saya menyerahkan semua keputusan itu kepada perdana menteri," kata Swan kepada jaringan radio Fairfax dalam sebuah wawancara di Toronto, Kanada, tempat dia menghadiri pertemuan para pemimpin G-20.

Untuk membuat ruang bagi Rudd, berarti ada pergeseran untuk menteri luar negeri yang saat ini dijabat oleh Stephen Smith ke posisi lain. Seperti dilansir dari News Ltd., sekalipun demikian spekulasi yang berkembang pada Senin ini menyebutkan Rudd tidak akan menjabat menteri dalam pemerintahan baru ini.

Swan mengatakan, "Stephen Smith adalah seorang pendeta yang luar biasa dan seorang teman baik saya juga, tetapi semua ini adalah keputusan perdana menteri." Gillard diharapkan akan mengumumkan perombakan kecil pada hari ini atau besok.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini