Sukses

Protes KTT G-20, Ratusan Orang Ditahan

Demonstrasi besar-besaran mewarnai KTT G-20 di Toronto, Kanada. Sekitar 150 orang yang diduga ikut dalam aksi ini ditahan polisi.

Liputan6.com, Toronto: Demonstrasi besar-besaran mewarnai KTT G-20 yang berlangsung di Toronto, Kanada, Ahad (27/6). Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan memprotes konferensi ini. Aksi ini warnai perusakan jendela toko dan pembakaran mobil polisi.

Kepala Polisi Toronto, Bill Blair, mengatakan, aksi anarkis sengaja dilakukan guna mencegah barikade polisi. Dengan begitu, para pendemo lainnya bisa menerobos ke lokasi pertemuan G-20.

Polisi menahan sekitar 150 orang yang diduga ikut dalam aksi anarkis ini. Guna mengamankan pertemuan G-20, kepolisian Kanada menerjunkan lebih dari 19 ribu personelnya serta memasang barikade di sekitar lokasi.

Akibat unjuk rasa anarkis ini, polisi menutup sebagian jalur kereta api bawah tanah dan beberapa pusat perbelanjaan di pusat kota. Langkah ini untuk mencegah situasi yang lebih buruk. Bahkan, polisi juga merazia sejumlah orang yang diduga demonstran.

Sementara itu, pertemuan G-20 yang berlangsung Ahad waktu setempat, akan membahas beberapa topik, di antaranya pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan seimbang, reformasi lembaga moneter, dan pertumbuhan perdagangan global.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.