Sukses

Protes Pertemuan KTT G20 Rusuh

Protes Pertemuan KTT G20 di Toronto, Kanada rusuh. Demonstrasi besar-besaran berubah menjadi kerusuhan dan menyebabkan kerusakan dan beberapa demonstran cedera.

Liputan6.com, Toronto: Lebih dari 10.000 aktivis anti G20 dan kelompok lain turun ke jalan pada Sabtu (26/6) di dekat Metro Toronto Convention Center, tempat pertemuan puncak G20 dilaksanakan. Para pengunjuk rasa berbaris melalui jalan kota, memasang slogan yang mendesak negara-negara industri untuk mengatasi kemiskinan dan masalah lingkungan.

Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan berubah menjadi  anarkis dengan melemparkan batu dan menghancurkan jendela-jendela toko, serta sebuah mobil polisi pun ikut dibakar. Polisi Vancouver, Lindsey Loughton, mengatakan bahwa para demonstran yang anarkis mengenakan pakaian berwarna hitam dan menutupi muka mereka dengan topeng. Loughton menambahkan bahwa mereka mencoba untuk memprovokasi polisi dengan menendang petugas dan mengejek  mereka, serta mencoba merusak peralatan polisi.

Sebuah kabar menyatakan bahwa beberapa demonstran mengalami cedera dan ditangkap. Namun, pihak kepolisian membantah adanya penangkapan yang dilakukan terhadap demonstran. "Sementara tidak ada penangkapan hari ini, meski hak untuk memprotes tidak termasuk hak untuk melakukan tindak pidana terhadap resiko keselamatan publik," kata juru bicara kepolisian.(NHK/CBC/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini