Sukses

Pertemuan G8 Bahas Masalah Korea Utara dan Iran

Para pemimpin negara-negara G8 mengutuk tindakan Korea Utara dan menghawatirkan masalah nuklir Iran.

Liputan6.com, Toronto: Para pempimpin negara-negara G8 mengutuk tenggelamnya kapal angkatan laut Korea Selatan yang diduga kuat dilakukan oleh Korea Utara. Pernyataan bersama tersebut dikeluarkan pada Sabtu (26/6) waktu setempat. Setelah mengadakan pertemuan yang dilakukan di Toronto, Kanada. Pada pernyataan itu disebutkan bahwa tenggelamnya kapal laut Korea Selatan merupakan tantangan bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan dan sekitarnya.

Seperti dikutip dari sebuah laporan komisi internasional bahwa kapal itu tenggelam oleh torpedo Korea Utara. Mereka juga menyatakan dukungan mereka terhadap Korea Selatan, dan mendesak Korea Utara untuk menahan diri dari melakukan setiap serangan terhadap Korea Selatan. Mereka juga mendesak Korea Utara untuk meninggalkan semua program pengembangan nuklir dan rudal balistik, serta menuntaskan kekhawatiran internasional atas masalah-masalah kemanusiaan yang terjadi, termasuk penculikan warga Jepang di masa lalu.

Pada saat membahas soal pengembangan nuklir Iran, para pemimpin menyerukan masyarakat global untuk sepenuhnya menerapkan sanksi baru PBB terhadap Iran, serta mendesak Iran untuk menghentikan aktivitas pengayaan uranium dan mengadakan dialog dengan komunitas internasional.(NHK/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.