Sukses

Gempa 6,9 SR Guncang Kepulauan Solomon

Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter menghantam Kepulauan Solomon. Tidak ada laporan mengenai kerusakan dan peringatan tsunami.

Liputan6.com, Honiara: Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter menghantam Kepulauan Solomon, Sabtu (26/6). Meski tidak ada laporan mengenai kerusakan dan peringatan tsunami, guncangan tersebut sempat membuat panik warga. Mereka berhamburan keluar rumah menuju jalan-jalan ibu kota.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berpusat di bawah laut sekitar 58 kilometer barat daya Kira Kira, Pulau Makira, dan 206 kilometer sebelah tenggara Honiara. Gempa dengan skala besar terkadang menimbulkan tsunami lokal yang dapat merusak sepanjang pantai yang berada di 100 kilometer dari pusat gempa.

Pulau Solomon terletak pada jalur sirkum pasifik, yang merupakan zona aktif gempa. Pada Januari silam, gempa 7,2 SR yang mengguncang Kepulauan Solomon barat menyebabkan tsunami setinggi hampir 2,5 meter. Akibat gempa dan tsunami tersebut, sekitar 1.000 orang kehilangan tempat tinggal di Pulau Rendova.(AFP/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.