Sukses

Usia Pensiun Lebih Lama, Buruh Prancis Mogok

Mereka memprotes rencana pemerintah Prancis menaikkan usia pensiun dari 60-62 tahun menjadi 65-67 tahun.

Liputan6.com, Paris: Serikat buruh Prancis menggelar aksi mogok nasional memprotes rencana pemerintah mereformasi sistem pensiun, Kamis (24/6) waktu setempat. Aksi protes besar di Paris, tersebut diikuti 130 ribu buruh. Mereka menyerbu fasilitas umum, perusahaan swasta, dan mengganggu layanan transportasi umum.

Minggu lalu, pemerintah Prancis mengumumkan rencana menaikkan usia pensiun dari 60-62 tahun menjadi 65-67 tahun, untuk dapat menerima uang pensiun penuh. Langkah ini merupakan bagian dari upaya negara-negara di Eropa untuk mengurangi utang publik. Salah satu demonstran mengatakan, para pekerja yang telah bekerja keras dalam kurun waktu lama memiliki hak untuk pensiun pada usia pensiun saat ini.

Rencana reformasi pensiun tersebut menimbulkan reaksi keras dari publik. Sementara defisit fiskal Prancis mencapai 7,5 persen dari pendapatan domestik bruto tahun lalu, dan pemerintah mendesak untuk membangun kembali keuangan.(AST/ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini