Sukses

Gillard, Perempuan Pertama PM Australia

Julia Gillard menjadi perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri pertama di Australia, setelah Kevin Rudd meletakkan jabatannya sebagai perdana menteri dan pemimpin Partai Buruh.

Liputan6.com, Canberra: Akhirnya, kalangan perempuan memimpin Australia. Julia Gillard menjadi perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri pertama di Australia, setelah Kevin Rudd meletakkan jabatannya sebagai perdana menteri dan pemimpin Partai Buruh. Kepastian itu disampaikan pejabat kaukus Michael Forshaw di Canberra, Australia, Kamis (24/6).

"Rudd dan Partai Buruh telah menghadapi masa sulit," kata Forshaw. "Ia memimpin kami menuju kemenangan pada 2007, kemenangan yang diperoleh ketika banyak orang mengira kami masih akan bertahun-tahun lagi jadi oposisi."

Forshaw mengatakan, tim baru itu menunggu pemilu selanjutnya dengan keyakinan. Katanya, Gillard diperkirakan akan meraih 74 dari 112 suara kaukus Partai Buruh.

Perempuan berusia 48 itu tak menghadapi saingan melawan Rudd. Sang mantan perdana menteri mundur setelah kehilangan dukungan dari pemimpin penting faksi. Kemunduran dukungan juga ditunjukkan hasil jajak pendapat terkait perubahan kebijakan serius, termasuk mundur dalam rancangan perdagangan buangan karbon guna memerangi perubahan iklim.

Menteri Keuangan Wayne Swan akan mendampingi perempuan kelahiran Welsh itu sebagai wakil perdana menteri.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini