Sukses

Ledakan Bus Tewaskan Lima Orang

Lima orang tewas dalam ledakan bus yang mengangkut tentara dan keluarga mereka. Pemberontak separatis Kurdi mengklaim bertanggung jawab.

Liputan6.com, Istanbul: Sebuah bus yang mengangkut tentara dan keluarga mereka meledak di Istanbul, Turki, Selasa (22/6). Lima orang tewas dan melukai 12 lainnya dalam insiden itu. Korban meninggal yakni tiga sersan, seorang prajurit berpangkat rendah dan seorang gadis berusia 17 tahun.

Pemberontak separatis Kurdi mengklaim bertanggung jawab dalam ledakan itu. Kelompok Elang Pembebasan Kurdistan (TAK) mengatakan, akan ada serangan lebih banyak lagi dalam waktu dekat. Kelompok yang berbasis di Irak utara, telah meningkatkan serangan terhadap sasaran militer di tenggara dalam beberapa pekan terakhir. Mereka menuduh pemerintah tak serius tentang reformasi yang dijanjikan [baca: Bom Pinggir Jalan Lukai Belasan Orang].

Ledakan terdeteksi dikendalikan dekat sebuah kompleks perumahan militer di Distrik Halkali. Serangan ini merupakan yang terburuk. Terakhir kali pada 2008, dua ledakan bom menewaskan 17 orang. "Ini adalah serangan teroris, dan tujuan serangan itu adalah jelas yakni untuk menciptakan perpecahan, ketegangan dan keputusasaan," ucap Gubernur Istambul Huseyin Avni Mutlu.

Kelompok TAK diyakini memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok separatis utama yang beroperasi di Turki tenggara. Namun PKK mengaku tidak memiliki informasi tentang pelaku di belakang serangan.(New York Times)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.