Sukses

Pemerintah Jepang Sambut Baik Kebijakan Israel

Pemerintah Jepang sambut baik pengumuman Israel yang akan mencabut blokade di Jalur Gaza. Kebijakan baru ini merupakan tanggapan atas banyaknya seruan internasional.

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang sambut baik pengumuman Israel yang akan mencabut blokade di Jalur Gaza. "Jepang dengan tulus berharap keputusan Israel tersebut akan cepat dilaksanakan dan pelaksanaan proyek-proyek Jepang akan dilanjutkan," kata kementerian luar negeri Jepang, Senin (21/6) malam waktu setempat.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara donor terbesar untuk Palestina. Jepang mendukung proyek PBB yang akan membangun sekitar 500 rumah bagi warga Palestina. Ditargetkan proyek selesai dalam waktu tiga tahun ke depan [baca: Israel Izinkan Pasokan Barang ke Palestina].

Kebijakan baru ini merupakan tanggapan atas banyaknya seruan internasional. Kecaman internasional meningkat terhadap Israel akibat serangan mematikan pada sebuah armada kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza, 31 Mei silam. Pasukan negara Yahudi itu menewaskan sembilan aktivis.

Sementara Israel pada Ahad silam mengatakan, pihaknya akan mengizinkan semua barang sipil yang dilarang masuk ke Gaza. Sedangkan senjata-senjata dan barang-barang tertentu dengan kegunaan ganda dilarang masuk. Israel telah memblokade wilayah Gaza sejak 2007 menyusul kemenangan Hamas dalam pemerintahan.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini