Sukses

Setelah Kecelakaan Tragis, Polandia Gelar Pemilu

Pemilihan presiden Polandia dilaksanakan untuk pertama kalinya sejak kecelakaan pesawat tragis yang menimpa presiden sebelumnya.

Liputan6.com, Warsawa: Pemilihan umum Polandia yang dilakukan untuk pertama kalinya dua bulan setelah kematian Presiden Lech Kaczynski. Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya tewas dalam kecelakaan pesawat pada 10 April di dekat Smolensk, Rusia barat. Kecelakaan tersebut terjadi di sekitar 1,5 kilometer dari bandara Smolensk akibat kondisi kabut tebal.

Pemilihan presiden di Polandia ini diikuti oleh sepuluh kandidat. Saudara kembar Presiden Lech Kaczynski, Aroslaw Kaczynski dan Bronislaw Komorowsk, presiden sementara sejak meninggalnya Lech juga merupakan kandidat dalam Pemilihan Presiden Polandia. Pemungutan suara atau voting ulang akan dilaksanakan apabila tidak ada dari salah satu kandidat yang mendapatkan 50 persen suara dari rakyat Polandia.

Kecelakaan pesawat yang menewaskan banyak pejabat dan pemimpin militer di Polandia merupakan kasus terburuk yang pernah menimpa negara itu.  Kantor-kantor berita Rusia, yang mengutip keterangan Kementerian Darurat Rusia, melaporkan, ada 132 orang dalam pesawat jenis Tupolev Tu-154 tersebut. Kecelakaan yang menyebabkan pemilihan umum terbesar di Polandia membuat para kandidat melakukan salah satu hal yang paling agresif yang pernah ada.(BBC/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini