Sukses

Banjir Di Cina Capai 90 Korban Jiwa, Puluhan Hilang

Korban banjir yang terjadi di Cina minggu ini bertambah hingga mencapai 90 orang dan beberapa orang dilaporkan masih belum ditemukan.

Liputan6.com, Beijing: Jumlah korban tewas dari banjir yang terjadi minggu ini di Cina Selatan naik mencapai 90 orang pada Sabtu (19/6), dan 1.4 juta orang diungsikan dari daerah yang terendam banjir dan kemungkinan akan dilandai badai yang lebih besar. Dilaporkan juga bahwa 35 orang tewas dalam tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat yang mengguyur Cina.

Pihak Pengendalian Banjir Cina mengatakan bahwa lima puluh orang dilaporkan hilang di sembilan provinsi dan wilayah di bagian selatan. Tingkat air telah naik melewati batas aman di puluhan sungai, termasuk Sungai Pearl di jantung daerah manufaktur Cina. Pejabat setempat juga mengatakan bahwa 25 korban meninggal akibat tanah longsor yang terjadi pada Jumat (18/6) malam di Provinsi Fujian.

Seorang pejabat pengendalian banjir yang tidak ingin disebutkan namanya menerangkan pada Sabtu (19/6) pukul 08.00 waktu setempat bahwa 5.5 juta orang yang telah menjadi korban banjir mengalami cedera, dan belum diketahui kerugian harta benda akibat bencana alam ini. Pusat Meteorologi Nasional Cina memperingatkan hujan lebat di wilayah Cina Selatan akan terjadi sampai Ahad (20/6) sore.(Yahoo/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.