Sukses

AS Sumbang 60 Juta Dolar untuk Palestina

Menlu AS Hillary Clinton mengumumkan, AS akan menyumbang 60 juta dolar kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk pengungsi Palestina.

Liputan6.com, Washington D.C.: Menlu AS Hillary Clinton mengumumkan, AS akan menyumbang 60 juta dolar kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk pengungsi Palestina. "Sumbangan ini akan memberi pelayanan kritis seperti perawatan kesehatan dan meningkatkan kehidupan 4,7 juta warga Palestina," kata Clinton pada upacara Hari Pengungsi Dunia, Jumat (18/6).

Deplu AS mengatakan, dana itu akan membantu "pembangunan kembali dan rehabilitasi sekolah-sekolah di Jordania, Suriah dan Tepi Barat, program setelah sekolah untuk anak-anak pengungsi di Libanon, dan sistem penyerahan untuk membantu pengungsi menghadapi kekerasan berdasar gender".

Dana itu menjadikan bantuan AS berjumlah 95 juta dolar sampai Juni ini sejak Januari. Departemen itu mengatakan seluruh sumbangan AS akan meningkat menjadi 225 juta dolar pada Badan Banuan dan Pekejaan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) pada akhir 2010.

Washington menyumbang 267 juta dolar pada UNRWA pada 2009. Anggaran tahunan UNRWA adalah sekitar 600 juta dolar, tapi badan itu "sekarang ini menghadapi kekurangan 161 juta dolar, termasuk 91 juta dolar untuk pengeluaran inti," kata Deplu AS. Dana itu termasuk gaji untuk guru-guru yang mendidik hampir 500.000 pengungsi Palestina di wilayah tersebut.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.