Sukses

Israel Deportasi Tujuh Penumpang Rachel Corrie

Israel mendeportasi ke Jordania tujuh aktivis penumpang kapal Rachel Corrie yang berusaha menembus blokade Israel terhadap Gaza.

Liputan6.com, Jembatan Allenby: Israel mendeportasi tujuh aktivis penumpang kapal Rachel Corrie yang berusaha menembus blokade Israel terhadap Gaza ke Yordania. Demikian dikatakan seorang korespoden AFP di Jembatan Allenby--perbatasan Jordania, Ahad (6/6).

Tujuh aktivis itu adalah seorang warga Kuba dan enam warga Malaysia, termasuk anggota parlemen Mohammad Nizar Zakaria, dua wartawan televisi TV3, dan tiga staf organisasi Perdana Global Peace. mereka melintasi Jembatan Allenby menuju Yordania dan diterima para pejabat Yordania. Sedangkan sebelas lainnya yang ditahan pasukan Israel akan diterbangkan dari Bandara Internasional Ben Gurion, dekat Tel Aviv.

Pasukan Israel menyergap dan menahan kapal Rachel Corrie, Sabtu (5/6), ketika berusaha memasuki Jalur Gaza, tanpa menggunakan kekerasan. Senin lalu, tentara Israel menyerang kapal kemanusiaan Mavi Marmara dan menewaskan sembilan relawan. Ahad (6/6) ini, Israel mendeportasi seorang wartawan Indonesia, Surya Fachrizal, yang termasuk di antara para penumpang yang cedera dalam penyergapan armada kebebasan itu.

"Surya ditembak di dada kanan atas," kata seorang pejabat Kedutaan Besar Indonesia di Yordania. "Wartawan itu dirawat di sebuah rumah sakit Amman, Ibu Kota Yordania, sebelum diterbangkan ke Indonesia."

Kapal Rachel Corrie yang berbobot mati 1.200 ton digiring ke pelabuhan Ashdod, Israel selatan. Para aktivis dan awak dibawa ke pusat imigrasi Holon dekat Tel Aviv, untuk diperiksa sebelum dideportasi.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini