Sukses

PBB Akan Kirim Misi Pencari Fakta

PBB memutuskan untuk mengirim misi pencari fakta independen, guna menyelidiki penyerangan Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan Mavi Marmara.

Liputan6.com, Jenewa: Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat akan mengirim misi pencari fakta independen ke Israel. Hal itu dilakukan untuk menyelidiki lebih dalam serangan yang dilakukan Israel terhadap konvoi kapal bantuan kemanusiaan yang ketika itu tengah menuju Gaza.

Setelah 2 hari bersidang, Rabu (2/6) organisasi dunia yang berbasis di Jenewa itu memutuskan resolusi yang memberikan wewenang penyelidikan dan mengkritik Israel.

Dalam pertemuan tersebut, negara-negara Islam mengecam Israel karena tindakannya yang keterlaluan dan mengabaikan hukum internasional. Negara-negara ini bersikeras, siapapun yang terlibat dalam serangan itu harus dibawa ke pengadilan.

Mereka kemudian mengusulkan resolusi untuk segera mengirim misi pencari fakta untuk melakukan investigasi pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel.

Namun Amerika Serikat yang juga hadir dalam pertemuan menentang resolusi tersebut. Menurutnya resolusi itu terlalu terburu-buru untuk melakukan penilaian dan terlalu dini untuk mengirim misi.

Sedangkan Jepang, Inggris, Perancis, dan enam negara lainnya abstain. Sebelumnya  Israel mengatakan, pasukannya melepaskan tembakan untuk membela diri setelah diserang oleh para aktivis dengan pipa baja.(NHK/AST)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini