Sukses

Biayai Pacar, Menkeu Inggris Mundur

Menkeu Inggris David Laws mundur setelah dia diketahui menggunakan uang rakyat untuk membayar sewa tempat tinggal pacar prianya.

Liputan6.com, London: Pemerintah koalisi Inggris yang belum lama ini terbentuk mendapat pukulan telak setelah Menteri Keuangan David Laws mengundurkan diri, Sabtu (29/5). Pengunduran dirinya dipicu laporan harian Daily Telegraph yang menguak klaim biaya pribadinya dengan menggunakan uang rakyat pembayar pajak senilai lebih dari 40 ribu poundsterling.

Laws mengatakan uang itu dipakai untuk membayar sewa tempat tinggal pacar prianya. "Saya tidak tahu bagaimana saya bisa melakukan tugas penting saya meninjau kembali masalah anggaran dan pengeluaran sedangkan saya harus menghadapi implikasi masalah pribadi dan publik akibat terbongkarnya kasus itu," katanya kepada pers.

Mantan bankir kaya dan politisi Liberal-Demokrat ini mengatakan keinginannya untuk menjaga kerahasiaan kehidupan seksualitasnya mendorongnya tidak mengungkapkan masalah pengaturan keuangan tersebut. "Saya sekarang tidak bisa menghindari kesimpulan bahwa apa yang saya lakukan boleh jadi salah sekalipun saya tidak mendapatkan keuntungan apa pun dari upaya saya tetap merahasiakan hubungan itu," kata Laws.

Dalam suratnya yang menerima pengunduran diri mantan bankir yang ditunjuk sebagai menteri keuangan dalam kabinetnya kurang dari tiga pekan lalu itu, Perdana Menteri David Cameron menggambarkan Laws sebagai sosok pria yang "baik dan terhormat".

Cameron mengatakan, suatu hari nanti Laws mau kembali ke pemerintahan karena "banyak yang bisa dia tawarkan untuk negara". Pengganti dirinya selaku Menteri Keuangan adalah Danny Alexander, politisi Liberal Demokrat yang sebelumnya menjabat menteri urusan Skotlandia.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.