Sukses

AS Buru Kurir Penyalur Dana Bom NY

Para penyelidik kini tengah memburu kurir dana yang membantu Faisal Shahzad merencanakan bom di Times Square pada Sabtu malam lalu.

Liputan6.com, New York: Para penyelidik kini tengah mencari kurir dana yang membantu Faisal Shahzad--tersangka upaya pengeboman mobil di Times Square pada Sabtu malam--menyalurkan dana tunai dari luar negeri, untuk membiayai rencana pengeboman. Mereka telah mengetahui nama kurir yang diyakini membantu Faisal Shahzad membeli mobil SUV bekas dan bahan-bahan peledak lainnya. Namun hingga sekarang mereka belum mengetahui jumlah uang yang telah digunakan.

Pejabat penegak hukum AS baru saja terbang ke Pakistan untuk menginvestigasi empat orang yang diduga anggota kelompok militan Al-Qaida. Mereka mencoba untuk melacak dan mencari kemungkinan pembiayaan operasi dari kelompok-kelompok teror asing. Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan, ia percaya Shahzad tidak bertindak sendirian, namun ia tidak melihat adanya bukti keterlibatan Taliban Pakistan dalam kasus tersebut.

Sementara seorang juru bicara Taliban Pakistan mengatakan, Taliban tidak ada hubungannya dengan bom Times Square. Namun ia menambahkan, serangan tersebut disambut baik. "Kami tidak punya hubungan dengan Faisal. Namun, ia adalah saudara muslim kami," kata juru bicara Taliban Azam Tariq kepada AP melalui telepon. "Kami merasa bangga pada Faisal. Ia melakukan pekerjaan yang berani." Sebagai catatan, kelompok teroris ini tidak pernah meluncurkan serangan teroris dengan sukses melawan AS.(AP/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.