Sukses

Ribuan Orang Tuntut Pemindahan Pangkalan Okinawa

Puluhan ribu orang menghadiri rapat umum di Pulau Okinawa, Jepang hari ini untuk menuntut dipindahkannya pangkalan militer Amerika Serikat dari pulau itu.

Liputan6.com, Okinawa: Puluhan ribu orang menghadiri rapat umum di pulau Okinawa, Jepang hari ini, Senin (26/4) untuk menuntut dipindahkannya pangkalan militer Amerika Serikat dari pulau itu. Persoalan ini telah merongrong hubungan antara pemerintah Tokyo yang berhaluan kiri-moderat dengan Washington.

Berdasarkan perjanjian tahun 2006 dengan Amerika Serikat, pangkalan militer di Funtema itu seharusnya dipindahkan dari pusat penduduk ke kawasan pantai, Tapi para demonstran ingin agar Perdana Menteri Yukio Hatoyama berpegang pada janji pemilunya untuk menutup pangkalan itu sepenuhnya dan memindahkannya ke Guam di Pasifik.

Warga Jepang sudah lama tidak suka dengan kehadian pangkalan Amerika yang besar di pulau itu. Ada sekitar 47.000 pasukan Amerika yang berpangkalan di Jepang dan sebagian besar berada di Okinawa.

Perdana Menteri Hatoyama tampaknya akan mempertaruhkan jabatannya untuk menyelesaikan masalah ini akhir bulan Mei. Kebijakan yang diambil akan sangat menentukan nasibnya menjelang pemilihan anggota majelis utama Juli mendatang.(ABC Radio Australia/BBC/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini