Sukses

Jepang-AS Bahas Relokasi Pangkalan Okinawa

Di tengah tekanan ribuan warga Jepang yang berunjuk rasa hari ini, Pemerintah Jepang dan AS terus membahas rencana relokasi pangkalan udara AS di Okinawa.

Liputan6.com, Tokyo: Pembahasan rencana relokasi pangkalan militer AS di Okinawa, pekan ini akan memasuki tahapan yang serius. Pernyataan ini dikeluarkan Asisten Sekretaris Negara untuk urusan Asia Timur dan Pasifik Kurt Campbell, Ahad (25/4) sebelum meninggalkan Washington untuk kunjungan ke Jepang yang dimulai hari ini (26/4).

Menurut laporan Campbell, tim negosiasi Jepang akan datang ke Washington minggu ini untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang isu relokasi pangkalan udara di Okinawa.

Pemerintah Jepang sendiri tengah mempertimbangkan untuk memindahkan lokasi konstruksi lepas pantai dari rencana semula. Ide lain adalah membangun pangkalan di daratan dan bukan melakukan reklamasi pantai di kota Nago.

Campbell mengaku mendapat dukungan penuh dari beberapa elemen demi kemajuan atau kompromi antara kedua pemerintah, tetapi ia tidak berkomentar apakah akan mendukung atau menentang gagasan pemerintah Jepang.

Soal unjuk rasa besar-basaran yang terjadi di Okinawa, Campbell mengatakan protes itu membuat jelas kedua pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi beban warga di Okinawa.

Sehari sebelumnya, ribuan orang di Jepang menggelar unjuk rasa besar-besaran menuntut pemindahan pangkalan militer AS di Okinawa. Unjuk rasa itu berlangsung hingga hari ini Senin (26/4).(NHK/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.