Sukses

Kurmanbek Bakiev Cari Suaka Politik

Presiden Kirgistan terguling Kurmanbek Bakiev diduga masih berada di Minsk guna mencari suaka politik pemerintah Belarus. Sementara Presiden Belarus Alexander Lukashenko berjanji akan memberikan perlindungan bagi Bakiyev dan keluarganya.

Liputan6.com, Minsk: Presiden Kirgistan terguling Kurmanbek Bakiev diduga berada di Minsk guna mencari suaka politik pemerintah Belarus. Kepada pers, Selasa (20/4), Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengakui mantan Presiden Bakiev dan keluarganya berada di Minsk.

Kurmanbek Bakiyev bertolak menuju ibu kota Belarus, Minsk Sabtu (17/4) pagi waktu setempat, usai mampir di Kazakhstan [baca: Tinggalkan Kazakhstan Bakiyev Bertolak ke Belarus]. Presiden Belarus Lukashenko Kepada Belta news agency mengatakan, selama ini menjalin hubungan baik dengan Kirgistan pada masa kepemimpinan mantan presiden terguling, oleh sebab itu ia berjanji akan memberikan perlindungan.  

Sementara kepala staf pemerintah interim Kirgistan, Edil Baisalov mengatakan pemerintahan sementara akan meminta ekstradisi Presiden terguling dari pemerintah Belarus setelah penyelidikan komisi internasional selesai. "Kami berharap Bakiev siap menerima hasil penyelidikan dan dihukum apabila terbukti bersalah", ujar Edil Baisalov dalam wawancara telepon dengan CNN Selasa (20/4).

Sedikitnya, lebih dari 80 orang tewas dan ratusan orang terluka ketika pemerintah Bakiev memerintahkan pasukan menembak demonstrasi pihak oposisi di depan kantor kepresidenan Bishkek, 7 April lalu.(MLA)






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini