Sukses

Presiden Polandia Dimakamkan

Jenazah Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya Maria dikuburkan, Ahad (18/4) waktu setempat. Prosesi pemakaman yang dilangsungkan di Gereja Santo Mary Basilika ini dihadiri Presiden Rusia Dmitry Medvedev.

Liputan6.com, Krakow: Akhirnya jenazah Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya Maria dimakamkan pada Ahad (18/4) waktu setempat. Prosesi pemakaman orang nomor satu Polandia ini dilangsungkan di Gereja Santo Mary Basilika dan dihadiri para pemimpin dunia.

Di dalam gereja, tampak dua buah peti jenazah terbungkus bendera nasional Polandia di dekat altar. Marta, anak tunggal presiden dan saudara kembar Kaczynski, terlihat duduk di barisan depan. Di pintu masuk gereja, Medvedev menyalakan lilin untuk kedua jenazah.

Sementara, di luar gereja, diperkirakan sekitar 5.000 pelayat menyaksikan prosesi pemakaman melalui layar besar. Sedangkan Presiden AS Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy batal menghadiri pemakaman Kaczynski lantaran abu vulkanik Islandia menutup bandara-bandara di Eropa.

Pemakaman Presiden Polandia ini dilaksanakan tepat satu hari setelah 100 ribu orang menghadiri upacara resmi di Warsawa untuk menghormati para korban kecelakaan pesawat. Kaczynskis merupakan korban tewas di antara 96 orang tewas akibat kecelakaan pesawat di Smolensk, Rusia Barat, pada 10 April silam.(Xinhua/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.