Sukses

Hadiri Pemakaman, Pemimpin Eropa Lewat Jalur Darat

Pembatalan sejumlah maskapai penerbangan di wilayah Eropa akibat abu vulkanik gunung Eyjafjallajokull di Islandia, membuat beberapa pemimpin negara memilih jalur darat. Para pemimpin Eropa akan menghadiri pemakaman Presiden Lech Kaczynski, beserta istrinya Maria Kaczynski yang dikebumikan Ahad (18/4)

Liputan6.com, Warsawa: Pembatalan sejumlah maskapai penerbangan di wilayah Eropa akibat abu vulkanik gunung Eyjafjallajokull di Islandia, membuat beberapa pemimpin negara memilih jalur darat. Para pemimpin Eropa akan menghadiri pemakaman Presiden Lech Kaczynski, beserta istrinya Maria Kaczynski  yang dikebumikan Ahad (18/4).

Sumber CNN, Ahad (18/4) menyebutkan Perdana Menteri Estonia Andrus Ansip, dan Presiden Latvia Valdis Zatlers memilih menggunakan mobil untuk mencapai Polandia dengan memakan waktu lebih dari 13 jam perjalanan.

Sementara, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, dan Kanselir Jerman Angela Merkel, melalui situs resmi pemerintah menyatakan penyesalan atas pembatalan rencana melawat ke Polandia. Selain itu, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, dan Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband yang mewakili Perdana Menteri Gordon Brwon, saat ini sedang mencari jalur alternatif ke Krakow, dimana Presiden Lech Kaczynski, rencananya dimakamkan.

Melalui situs resmi pemerintah, Menteri Luar Negeri Polandia, Sikorski Radosaw menyatakan memahami pembatalan kedatangan sejumlah pemimpin negara akibat hujan abu vulkanik yang menutupi wilayah udara Eropa.

Kaczynski, beserta istri dan beberapa pejabat pemerintah maupun militer Polandia dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia barat akibat cuaca buruk dan pilot memaksakan diri mendarat pada 10 April lalu. Kepergian rombongan Presiden Polandia ke Smolensk dalam rangka memperingati pembantaian tawanan perang tentara Polandia selama Perang Dunia II.(ADI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.