Sukses

Sekjen PBB Serukan Penyelesaian Damai di Kirgistan

Kekisruhan yang terus terjadi di Kirgistan membuat Sekjen PBB turun tangan. Ban Ki Moon meminta semua pihak terkait untuk menyelesaikan masalah secara damai.

Liputan6.com, New York: Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon meminta semua pihak terkait di kirgistan untuk menyelesaikan krisis politik secara damai, demikian dilansir Xinhua, Rabu (14/4).

Dalam pernyataannya, Ban menyatakan prihatin dengan konflik politik yang menemui jalan buntu, dan ancaman penyelesaian masalah dengan kekerasan di Kirgistan.

"Untuk menghindari peningkatan eskalasi konflik lebih lanjut dan situasi destabilisasi, semua pihak terkait diharapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai dan berdasarkan konstitusi," ujar Ban.

Ban juga mengatakan ia telah menginstruksikan Utusan Khusus PBB, Jan Kubis untuk terus bekerja dengan semua pihak demi menstabilkan situasi.

Dilain pihak, pemerintah sementara Kirgistan mengatakan Presiden Kurmanbek Bakiyev yang digulingkan tidak lagi memiliki kekebalan presiden dan meminta dia untuk menyerahkan diri. Bila permintaan tersebut diabaikan, pemerintah mengancam untuk menangkapnya dalam operasi khusus [baca: Pemerintah Sementara Kirgistan Ultimatum Bakiyef].

Sementara itu, Bakiyev mengatakan dia akan mengundurkan diri jika pemerintah sementara menjamin keselamatan dirinya beserta keluarga.(MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.