Sukses

Bakiyev Didesak Tinggalkan Kirgistan

Kurmanbek Bakiyev didesak mundur dari jabatannya oleh pemerintah sementara demi stabilitas keamanan negara Kirgistan.

Liputan6.com, Bishkek: Pemerintah sementara yang kini memimpin Kirgistan mendesak Presiden Kurmanbek Bakiyev mundur dan meninggalkan negara tersebut. Seperti dilansir NHK, Sabtu (10/4), Bakiyev sendiri telah melarikan diri dari ibu kota Kirgistan, Bishkek, ke wilayah selatan negara itu [baca: Pemerintah Sementara Kirgistan Berjanji Stabilkan Negara].

Melalui mantan Menteri Luar Negeri Roza Otunbayeva, pemerintah sementara menyatakan akan menjamin keselamatan Bakiyev jika mengundurkan diri dari jabatannya. Namun, pemerintah sementara berniat mengajukan tuntutan pidana terhadap saudara Bakiyev, yang tak lain Kepala Keamanan Kepresidenan dan dua anaknya. Sebab, mereka memerintahkan pasukan keamanan menembak pendukung partai oposisi.

Pemerintah sementara juga merencanakan mengadakan pertemuan dengan perwakilan Distrik di kampung halaman Bakiyev. Dengan demikian secara efektif dapat menekan presiden untuk mengundurkan diri. Adapun seorang utusan khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa diharapkan tiba di Kirgistan, untuk menengahi antara Bakiyev dan pemerintah sementara.(RST/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini