Sukses

Demi Gencatan Senjata, Yaman Bebaskan 161 Pemberontak

Sebanyak 161 pemberontak Syiah Houthi telah dibebaskan pemerintah Yaman. Ini adalah bagian dari kesepakatan gencatan senjata.

Liputan6.com, Sanaa: Sebanyak 161 pemberontak Syiah Houthi telah dibebaskan, Selasa (6/4) waktu setempat. Berdasarkan laporan dari situs Departemen Pertahanan Yaman, pembebasan itu adalah bagian dari enam butir kesepakatan gencatan senjata antara pemerintah dan pemberontak Syiah. Kesepakatan tersebut telah ditandatangani pada Februari silam, sebagai upaya mengakhiri pertempuran sporadis yang telah lama bergejolak.

Mereka yang dibebaskan, kebanyakan ditangkap karena keterlibatannya dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah di utara Yaman. Pemerintah Yaman menuduh Houthis akan mendirikan kembali aturan ulama yang telah digulingkan oleh revolusi Yaman pada 1962.

Pada Senin silam, Yaman membebaskan 54 pemberontak Syiah Houthi--sebelumnya ditangkap pada pertempuran di barat laut Yaman. "Rilis dari 54 pengikut Houthi datang atas perintah pemerintah tingkat tinggi," kata kementerian itu dalam pernyataan yang dimuat di situsnya.(AST/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini