Sukses

Kapal Tanker Dibajak, AL Korsel Mengawasi

Beberapa jam setelah bajak laut Somalia menguasai kapal tanker Samho Dream, berbendera Korea Selatan, kapal perusak angkatan laut milik negeri ginseng mulai mendekati kapal naas itu di sekitar teluk Aden, Somalia.

Liputan6.com, Teluk Aden: Beberapa jam setelah bajak laut Somalia menguasai kapal tanker Samho Dream, berbendera Korea Selatan, kapal perusak angkatan laut milik negeri ginseng segera mendekati kapal naas itu di sekitar teluk Aden, Somalia. Demikian dirilis media Korsel seperti dikutip CNN, Selasa (6/4).

Dalam jumpa pers, pejabat pertahanan Korsel mengatakan kapal bersenjata dengan bobot 4.500 ton tetap mengawasi kapal bermuatan minyak dari jarak sekitar 48  kilometer. Pejabat yang tidak ingin diidentifikasi menambahkan kapal berawak 24 orang dalam perjalanan menuju Louisiana, Amerika Serikat, dan dibajak saat berada sekitar seribu kilo meter dari sebelah utara pantai Somalia.

Juru bicara perusahaan Valero Energy Corp, Bill Day, mengatakan muatan minyak dalam kapal tidak begitu banyak, namun diperkirakan membawa sekitar dua juta barel minyak. Kapal tersebut sebenarnya juga dikawal penjaga keamanan swasta seperti kapal komersial lain. Sampai saat ini belum jelas bagaimana nasib lima awak warga Korea Selatan dan 19 warga Filipina yang berada di dalam kapal bernilai sekitar $ 170 juta atau 1,7 triliun itu.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.