Sukses

Jutaan Warga Cina Kekurangan Air Minum

Jutaan warga Cina kekurangan air minum lantaran curah hujan sedikit. Akhirnya, pemerintah Cina mengirimkan ribuan truk berisi air dan menggali belasan ribu sumur.

Liputan6.com, Beijing: Sekitar 20 juta warga di wilayah Guizhou, Sichuan, Provinsi Yunnan, barat daya Cina, kekurangan air minum lantaran curah hujan yang sedikit sejak musim gugur. Pada konferensi pers di Beijing baru-baru ini, Wakil Menteri Sumber Daya Air Cina Liu Ning mengatakan curah hujan di wilayah itu hanya setengah dari biasanya.

"Bahkan di beberapa daerah curah hujan hanya sekitar 10 persen," kata Liu Ning.

Liu menambahkan, warga yang kekurangan air minum umumnya tinggal di daerah pegunungan. "Pemerintah Cina telah mengirimkan lebih dari 7.000 truk air untuk wilayah yang kekurangan. Pemerintah juga mengerahkan pasukan untuk menggali lebih dari 18.000 sumur," katanya.

Liu memperkirakan, situasi masih belum akan berubah hingga akhir Mei nanti. Padahal, musim hujan diperkirakan akan datang dalam waktu dekat.(NHK/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.