Sukses

Liga Arab Bahas Rencana Proyek Pemukiman Israel

KTT Liga Arab Tahun ini yang berlangsung di Sirte, Libya, menyatukan para pemimpin Arab untuk sama-sama menghentikan rencana pembangunan pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur, dan mendukung klaim Palestina untuk tetap tinggal diwilayah tersebut.

Liputan6.com, Sirte: Para pemimpin negara Arab berkumpul dalam Konfrensi Tingkat Tinggi negara-negara Arab di kota Sirte, Libya. KTT tahunan ini membahas keputusan Israel untuk melanjutkan pembangunan pemukiman Yahudi yang telah menyimpang dari kehendak dari Amerika Serikat dan PBB.

KTT Liga Arab yang berlangsung selama dua hari ini, dibuka sejak Sabtu (27/3), telah menyatukan para pemimpin dari 22 negara dan wilayah, seperti dilansir NHK, Ahad (28/3). Dalam pidato pembukaannya, Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Mousa mengutuk Israel atas keputusan yang berlawanan dengan perdamaian global dan menyebabkan kehancuran masyarakat.

Sekjen PBB Ban Ki-moon yang turut hadir dalam KTT tersebut menyatakan keprihatinannya. Ia menyerukan kepada pemerintah Israel untuk menghentikan pembangunan pemukiman ilegal sesegera mungkin. Selama ini proses perdamaian Timur Tengah telah berulang kali terhenti oleh rencana pemukiman Israel ini.

Hari ini, pemimpin Arab diharapkan untuk mengumumkan pernyataan bersama yang mengutuk tindakan terhadap Israel yang dapat merusak perdamaian di Timur Tengah dan mendukung Palestina untuk tinggal di Yerusalem Timur.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini