Sukses

Bangkok Bersiaga Hadapi Puncak Aksi "Kaos Merah"

Aksi demonstrasi yang terus dilakukan si kaos merah terus mendapat perhatian pemerintah Thailand. Mereka kini menugaskan polisi metropolitan mengawasi jalannya demonstrasi.

Liputan6.com, Bangkok: Pemerintah Thailand telah menugaskan Komandan Polisi Metropolitan Divisi 1, Mayor Jenderal Polisi Wichai Sangprapai untuk mengawasi operasi keamanan 27 Maret nanti, puncak dari unjuk rasa anti pemerintah para demonstran "Kaos Merah", julukan untuk para pendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Sinawatra.

Pihak kepolisian menduga ada dua skenario yang akan terjadi selama pawai "Kaos Merah" pada Sabtu mendatang, kata Juru Bicara dari Biro Polisi Metropolitan, seperti dikutip Xinhua, Kamis (25/3). "Kaos Merah" mungkin menyebar hingga di sepuluh tempat berbeda atau mungkin mereka akan berjalan bersama ke empat arah.

Sementara itu, di lain pihak "Kaos Merah" belum mengumumkan bagaimana mereka akan mengatur perjalanan Sabtu nanti. Pihak kepolisian akan bernegosiasi dengan para pengunjuk rasa agar tidak beraksi di daerah-daerah penting.

Mereka diminta untuk tidak melakukan long march di sekitar hotel yang akan menjadi lokasi pertemuan dekat Inter-Parliamentary Union (IPU). Hotel yang merupakan tempat pertemuan IPU terletak di persimpangan Ratchaprasong di pusat Bangkok. Anggota dan anggota asosiasi dari 153 negara akan menghadiri pertemuan IPU ke-122 pada 25 Maret-2 April.

Sepuluh ribu pengunjuk rasa yang dipimpin oleh kelompok Front Persatuan untuk Demokrasi melawan Kediktatoran (UDD), nama resmi "Kaos Merah", telah berkumpul di Bangkok sejak 12 Maret untuk menekan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva membubarkan parlemen dan menggelar pemilihan baru.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.