Sukses

Dikurangi, Pajak Industri Video Game

Industri kreatif video game di Inggris direncanakan menikmati fasilitas pengurangan pajak pemerintahan Gordon Brown pada 2010 ini.

Liputan6.com, London: Industri kreatif video game di Inggris direncanakan menikmati fasilitas pengurangan pajak pemerintahan Gordon Brown pada 2010 ini. Hal itu dikatakan politisi Partai Buruh Alistair Darling kepada The Telegraph, Kamis (24/3)

"Permainan segala jenis usia itu memberikan kontribusi ekonomi dan budaya bagi Inggris," kata Darling.

Darling mengungkapkan bahwa sistem kredit pajak tersebut mirip dengan pajak yang diberlakulkan terhadap industri film Inggris. "Namun, skema ini memerlukan persetujuan dari Komisi negara Uni Eropa sebelum dapat diimplementasikan," katanya.

Sementara Direktur Eksekutif Asosiasi Perdagangan Industri Permainan Inggris (Tiga) Dr Richard Wilson menyebutnya sebagai keputusan yang menginspirasi. Ia memperkirakan keringanan pajak akan menambah 3.550 lapangan kerja, investasi dan inovasi di sektor video game sekitar £ 457 juta atau sekitar Rp 6,9 milyar.

"Sehingga selama periode lima tahun itu harus menciptakan atau melindungi 3.550 pekerjaan tingkat sarjana. Selain itu, menjaga yang £ 457 juta untuk pengeluaran pembangunan dan mendorong pengembang bisnis model baru, serta menciptakan kekayaan intelektual," kata Wilson.

Selama ini, negara semacam Kanada dan Perancis menawarkan subsidi dan insentif bagi para pengembang industri kreatif. Hal itu membuat kalangan industri Inggris mengkhawatirkan dampak proteksi. Sementara di Indonesia, industri kreatif dalam negeri masih dibebani penerapan pajak ganda.(ADDY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini