Sukses

Ratusan Ribu Siswa Belum Bisa Sekolah

Sebanyak 590.000 siswa Cile masih belum bisa bersekolah lantaran sebagian besar gedung sekolah di negara itu rusak.

Liputan6.com, Santiago: Sebanyak 590.000 siswa Cile masih belum bisa bersekolah. Hal itu terjadi karena sebagian besar gedung sekolah di negara itu rusak akibat diguncang gempa dahsyat 27 Februari silam. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan Chili Joaquin Lavin, Rabu (24/3).

"Tinggal 33 hari tersisa sebelum batas waktu semua siswa kembali ke sekolah. Ada 590.000 siswa yang belum bisa bersekolah dan kami akan melakukan segalanya untuk mereka," tegas Lavin pada peresmian sekolah baru di Santiago. "Sekitar 80 persen siswa di Maule dan 75 persen siswa di Bio Bio masih belum bisa sekolah."

Sementara di wilayah O`Higgins, kegiatan pendidikan tahun ajaran ini terhadap 25 persen siswanya ditunda. Oleh karena itu, Wakil Menteri Pembangunan Daerah Miguel Flores mendesak pemerintah setempat untuk mengatur dana rekonstruksi sekolah.

"Diperkirakan, rekonstruksi sekolah akan memakan biaya sekitar Rp 174 miliar. Sejauh ini, dana yang turun hanya Rp 28 miliar untuk 56 proyek," kata Flores.

Sejak minggu lalu, sekitar 250.000 siswa telah kembali bersekolah di sekolah-sekolah Cile.(Xinhua/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini