Sukses

Obama-Netanyahu Bahas Yerusalem

Demi kelangsungan pembicaraan damai dengan Palestina, Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu melakukan pertemuan tertutup di Gedung Putih.

Liputan6.com, Washington: Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu akhirnya bertemu di Gedung Putih, Selasa (23/3), dalam sebuah sesi tertutup untuk media. Pertemuan itu diyakini berkat desakan Obama kepada Netanyahu untuk menghentikan rencana pembangunan proyek pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur.

Pertemuan terjadi sehari setelah Netanyahu mengatakan di sebuah pertemuan di Washington bahwa orang-orang Yahudi telah membangun Yerusalem 3000 tahun lalu "Yerusalem bukan sebuah penyelesaian, tetapi modal mereka," katanya.

Awal bulan ini, Israel setuju untuk melanjutkan pembicaraan damai terhenti dengan Palestina yang ditengahi Amerika Serikat. Pembicaraan terakhir terjadi Desember 2008 lalu, seperti diwartakan NHK, Rabu (24/3).

Namun Israel mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membangun pemukiman baru di Yerusalem Timur. Pengumuman itu membuat AS kecewa dan menyebutkan bahwa hal itu dapat menghambat proses perundingan damai.(RST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini