Sukses

Museum Australia Simpan Benda Budaya Indonesia

Museum of Northern Territory, Darwin, Australia, ternyata menyimpan lebih dari 3.000 benda budaya dari Indonesia. Indonesia juga dipakai sebagai nama sebuah taman di kampus Charles Darwin University.

Liputan6.com, Darwin: Kota Darwin yang berada di ujung utara Benua Australia ternyata menyimpan daya tarik tersendiri bagi pecinta seni. Di kota ini terdapat Museum of Northern Territory yang jadi kebanggaan warga setempat. Di dalamnya ada ribuan benda budaya khas masyarakat asli setempat, Aborigin. Tetapi tahukah Anda, ternyata museum ini juga menyimpan sekitar 4.000 benda budaya yang didatangkan dari Asia Tenggara. Lebih dari 3.000 di antaranya dari Indonesia. "Koleksi kami sangat terfokus pada Indonesia Timur karena wilayah tersebut adalah wilayah terdekat dengan Northern Territory Australia, tempat museum kami berada" kata Joanna Barrkman, kurator Museum Northern Territory, baru-baru ini.

Indonesia juga dipakai sebagai nama sebuah taman di kampus Charles Darwin University, lengkap dengan patung serta pendopo yang dibawa dari Tanah Air. "Kami merasa sebagai bagian dari wilayah Asia Tenggara. Wilayah Australia ini sangat berkiblat pada Asia Tenggara dan Indonesia," ucap Charles Webb, Pembantu Rektor Charles Darwin University.

Dan tahukah Anda, bila ditelusuri warga Darwin banyak yang bernenek moyang orang indonesia. "Ada banyak penduduk darwin yang memiliki garis keturunan Indonesia," kata Wali Kota Darwin Graeme Sawyer. Jadi, jangan heran jika mengunjungi museum di Darwin justru artefak khas Tanah Air yang Anda temukan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini