Sukses

Gempa 6,6 SR Rusak Sejumlah Gedung

Gempa 6,6 SR di bagian pesisir timur Jepang mengakibatkan beberapa gedung rusak. Kekuatan gempa dilaporkan membuat gedung gedung besar di Tokyo bergoyang dan terasa hingga Pulau Honsu dan Hokkaido.

Liputan6.com, Fukushima: Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter mengguncang bagian pesisir timur Jepang, Ahad (14/3). Gempa yang cukup kuat itu, dirasakan warga prefektur Fukushima bagian tengah sekitar 210 kilometer dari Tokyo. Guncangan gempa sempat menyebabkan tertundanya layanan kereta di sebuah stasiun di Fukushima.
 
Kekuatan gempa dilaporkan membuat gedung gedung besar di Kota Tokyo bergoyang dan terasa hingga Pulau Honsu dan Hokkaido. Pusat gempa berada 80 kilometer lepas pantai timur Jepang dengan kedalaman sekitar 40 kilometer. Tidak ada korban akibat gempa ini.

Sistem peringatan dini gempa di Jepang sudah memprediksinya beberapa saat sebelum kejadian. Televisi Jepang seperti NHK bahkan sempat memperingatkan warga agar berlindung lewat breaking news mereka. Jepang adalah salah satu negara paling rawan gempa. Pada 1995, gempa 7,2 SR di Kobe menewaskan 6.400 orang.(IAN)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini